Yok Kirim Karya Jurnalistik Anda, Masih Ada Kesempatan Raih Anugerah Jurnalistik Adinegoro

Yok Kirim Karya Jurnalistik Anda, Masih Ada Kesempatan Raih Anugerah Jurnalistik Adinegoro

Masih Ada Jalan, Ayo Raih Adinegoro!

Jakarta, Akuratnews. com – Bon Wartawan Indonesia (PWI) Pusat mengundang seluruh wartawan media cetak, siaran televisi dan radio, serta jalan siber di Indonesia untuk meraih Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2020.

Meski di tengah pandemi virus corona, ajang tahunan tersebut tetap digelar. Tahap pendaftaran sudah dibuka hingga batas akhir 30 November 2020.

Lomba ini terbuka bagi bagi semua wartawan yang bekerja secara rajin dan diakui, bukan wartawan lepas alias freelance.

“Anugerah Jurnalistik Adinegoro adalah penghargaan untuk karya jurnalistuk paling bergengsi dalam Tanah Air. Wartawan Indonesia jangan sampai melewatkan kesempatan dengan mendaftarkan karya-karyanya untuk panggung kehormatan Hari Pers Nasional 2021, ” sekapur Ketua Umum PWI Pusat, Atal S. Depari, Rabu (4/11/2020).

PWI menunggu karya para-para insan pers yang bersifat menimbulkan semangat, melawan pandemi COVID-19 menjadi salah satu karya jurnalistik yang dinanti tetap tentu saja banyak situasi lain. Karya tersebut yang dimuat/ditayangkan/disiarkan berkisar mulai tanggal 1 Desember 2019 – 30 November 2020.

Anugerah Jurnalistik Adinegoro dibagi dalam enam kategori, yakni indepth reporting (reportase mendalam) untuk media cetak (AA1), indepth reporting untuk media siber (AA2), indepth reporting untuk media televisi (AA3), indepth reporting untuk media radio (AA4).

Selanjutnya, memotret berita untuk media cetak serta media siber (AA5), karikatur opini untuk media cetak dan jalan siber (AA6).

Hanya ada satu pemenang pada setiap kategori yang akan mendapatkan mata Rp20 juta, trofi, serta dokumen penghargaan dari PWI/Panitia HPN 2021. Panitia Tetap Anugerah Jurnalistik Adinegoro juga akan mengumumkan dan menganjurkan piagam penghargaan kepada 30 kandidat terbaik.

Syarat Pengiriman Karya:

1. Setiap wartawan dari satu media dapat mengirimkan maksimal lima karya bola lampu kategori (dengan catatan, satu media, maksimal 15 karya dari di setiap kategori).

2. Karya indepth reporting pada media cetak, media siber, media televisi, dan media radio wajib menyertakan link karya melalui Google Form ataupun Formulir pendaftaran yang bisa diakses melalui link: https://bit.ly/2BQRuAj

3. Karya foto dan karikatur di media cetak atau media siber, wajib mengirimkan dalam wujud soft file beserta caption dengan di-upload pada Google Form ataupun formulir pendaftaran yang bisa diakses melalui link tersebut di untuk.

4. Seluruh karya dari seluruh kategori wajib disertai sinopsis/cerita singkat (2-3 paragraf) menerjang isi dan proses pembuatannya. Istimewa untuk karya televisi dan radio disebutkan pula clock program bersama sinopsis.

5. Di setiap peserta wajib mengisi formulir secara menyertakan salinan identitas diri (kartu karyawan) dan surat pengantar dibanding redaksi.

6. Khusus untuk televisi, karya minimal harus dalam format minimal 720p (HD). Jika ukuran file lebih sebab 100MB, wajib dikirimkan melalui servis video streaming, seperti Youtube, vidio. com atau melalui layanan cloud sharing, seperti gdrive, dropbox, & sejenisnya. Cukup hanya menuliskan/menyertakan link-nya saja di bagian form online yang sudah ditentukan. Pastikan link bisa diakses oleh panitia dan dewan juri.

Mengenai untuk penjurian akan berlangsung pada Desember 2020 hingga Januari 2021.

Dewan juri di dalam Lomba Anugerah Jurnalistik Adinegoro ini terdiri atas tokoh pers, pengamat, dan akademisi yang menguasai tempat jurnalistik sesuai kriteria penilaian & bekerja secara profesional.

Informasi lebih lanjut tentang pendaftaran dapat menghubungi Pantap Anugerah Adinegoro 2020-2023 Katherina M Saukoly (WA: 0812-8699-3551), Widya (WA: 0812-1490-3421 atau 021-3453131), dan bisa juga melalui alamat surel; anugerahjurnalistik. [email protected] com.

Penyerahan Anugerah Jurnalistik Adinegoro rencananya akan diselenggarakan sebelum puncak Hari Pers Nasional 9 Februari 2021.