Gladi Bersih MTQ ke-37 Sumut dalam Tebing Tinggi, Kesiapan Sudah 97%

Gladi Bersih MTQ ke-37 Sumut dalam Tebing Tinggi, Kesiapan Sudah 97%

Tebing Tinggi, Akuratnews. com – Carik Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Melahirkan (Sumut) R Sabrina menyaksikan pelaksanaan gladi bersih Musabaqah Tilawatil Alquran (MTQ) ke-37 Tingkat Provinsi Sumut, di Lapangan Merdeka, Jalan Dr Sutomo Kota Tebing Tinggi, Kamis (3/9/2020).

Bersama Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Wakil Walikota Tebing Tinggi Oki Doni Siregar, Plt Kepala Biro Kominfo Sumut Irman Oemar   dan Ketua LPTQ Sumut Asren Nasution, Sabrina mengamati satu bola lampu satu jalannya gladi bersih beserta dilanjutkan dengan peninjauan lokasi sempurna astaka dan sekitar. Sembari meninjau, Sabrina memberi beberapa masukan buat penyempurnaan acara yang akan berlangsung tanggal 5-11 September 2020 tersebut.

“Hari ini, telah dilakukan gladi bersih dan kita sudah tinjau astaka dan sekitarnya termasuk pameran di luar. Alhamdulillah, sudah 97% siap, hanya letak penyempurnaan untuk menambah keindahan saja. Kita doakan bersama, mudah-mudahan MTQ ini berjalan sukses, ” harap Sabrina.

Lebih sendat, Sabrina juga mengingatkan perihal MTQ saat ini yang berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya lantaran terlaksana pada masa pandemi. Untuk itu, Sabrina mengingatkan baik peserta maupun pengunjung mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

“Untuk di lokasi semua sudah diterapkan protokol kesehatan Covid-19. Saat peninjauan, sudah ada medium cuci tangan serta sabun dalam pintu masuk, dan saat kegiatan juga akan ada pembatasan & pengawasan. Untuk itu, sama-sama kita saling mengingatkan agar tertib adat kesehatan dan kita doakan urusan ini lancar, ” tutur Sabrina.

Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi Hasibuan sebagai majikan rumah menginformasikan ada 10 bercak lokasi pelaksanaan MTQ ke-37 Tingkat Sumut di Tebing Tinggi. Tatkala penginapan, 45% di hotel serta 55% di perumahan penduduk yang sudah dipersiapkan dan disurvei beriringan oleh Pemko, LPTQ, dan Biro Kesehatan untuk memastikan penerapan adat kesehatan seperti penyemprotan disinfektan.

“Seperti disinggung Bu Sekda sebelumnya, MTQ kita kali ini memang berbeda. Jadi, kita ingatkan wajib menggunakan masker, jaga jeda, dan setiap venue itu dibatasi jumlah pengunjungnya. Ada yang daya 30 orang, 50 orang, 100 orang dan maksimal itu 300 orang di lokasi utama astaka, ” terangnya.

Umar pun mengajak masyarakat Sumut, khususnya Tebing Tinggi, untuk mendukung serta menyukseskan pelaksanaan acara. Sebelumnya pada hari Jumat lalu, lanjut Umar, telah dilaksanakan doa bersama dalam seluruh masjid Tebing Tinggi untuk memohon rahmat dan ridho Allah.

“Kami ucapkan terima kasih untuk dukungan semua bagian khususnya Pemerintah Provinsi Sumut. Semacam firman Allah bahwa Quran tersebut adalah obat. Mudah-mudahan acara ini menjadi obat bagi jiwa kita dan Covid-19 segera lenyap, ” katanya.

Ketua LPTQ Sumut Asren Nasution menginformasikan bahwa hingga saat ini jumlah kafilah yang telah masuk sebanyak 1. 197 dari 1. 406 kafilah. Berasal dari 33 kabupaten/kota ditambah kafilah khusus dari PTPN serta PT Inalum.

“Jumlah ini, kita akui berkurang dari yang sebelum-sebelumnya karena faktor Covid-19. Ada yang mengundurkan diri keterangan kesehatan dan digantikan oleh peserta lain di bawahnya. Hari itu dan besok para hakim & panitia teknis dari Medan akan melakukan rapid test, demikian serupa peserta. Jika ada reaktif, dengan sangat menyesal tidak bisa mengikuti kita, ” terang Asren.

Diketahui, lokasi pelaksanaan lomba untuk Cabang Tafsir Quran di GOR Marahalim, Cabang Seni Kaligrafi Quran di Anjung Sri Mersing, Cabang Fahmil Quran di GOR Asber Nasution, Cabang Syarhil Quran di Gedung Bunda Hj Sawiyah Nasution, Cabang Karya Tulis Keilmuan Quran di Gedung Eks Akbid Pemko, Cabang Seni Baca Alquran di Gedung Balai Kartini Periode, Gedung Balai Kartini Baru Lantai II dan Lapangan Merdeka, Bagian Hafalan Quran di Gedung Balairung Kartini Baru Lantai I, Gedung Islamic Centre dan Gedung Balai Kartini Baru Lantai II.