Distan Bartim Gelar Sosialisasi Pencegahan Pengendalian Kebakaran Lahan Dan Kebun

Distan Bartim Gelar Sosialisasi Pencegahan Pengendalian Kebakaran Lahan Dan Kebun

Tamiang Layang, Akuratnews. com – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Barito Timur (Bartim) Provinsi Kalimantan Tengah menggelar sosialisasi pencegahan dan pengendalian kebakaran tanah dan kebun di Kabupaten Barito Timur.

Sosialisasi itu dibuka secara resmi oleh Kadis Pertanian, Ir. H. Riza Rahmadi. MM, yang dilaksanakan di aula ruang rapat Distan Bartim beberapa waktu lalu.

Pada kegiatan tersebut turut hadir juga Kabag Ops Polres Barito Timur, Pabung Kodim 1012 Buntok, Ketua Himpunan Kerukunan Tani Barito Timur,   kelompok tani, peserta dan undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Riza Rahmadi mengatakan, kalau sebagian besar petani di Kabupaten Barito Timur mengusahakan lahan biasa dengan pola berladang, yang menjelma hambatan dalam berladang adalah kebiasaan pembukaan lahan yang dilakukan secara cara membakar, ” kata Riza.

Dikatakannya, hal tersebut menjadi persoalan dikarenakan berbagai kaidah perundang-undangan yang melarang pembukaan lahan dengan cara membakar, di kepala sisi belum ada solusi konkrit sebagai alternatif penyelesaiannya, oleh sebab itu sosialisasi ini dapat menyampaikan pola pemahaman yang seragam pada tingkat petani terhadap berbagai keyakinan hukum maupun kebijakan terkait kasus yang ada, ” imbuh Riza.

Lanjutnya, sosialisasi itu dilakukan agar nantinya petani tak mengalami persoalan atau berhadapan dengan masalah hukum dan juuga dalam kegiatan tersebut dapat menerima pendapat atau pendapat terkait penyelesaian ataupun jalan keluar terhadap kendala pembukaan lahan yang dihadapi oleh petani.

“Riza berharap daerah pertanian dapat membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat selama pandemi covid-19 maupun pasca pandemi, minimal dapat memelihara ketahanan pangan di Kabupaten Barito Timur, ” pungkasnya.